Cerita Rakyat Indonesia - Kumpulan Cerita Cerita Rakyat Dari Indonesia

Thursday, September 25, 2008

Server FTP: Gudang data yang lengkap


Platform pertama dan terpenting untuk penyebaran film, musik, dan software adalah server FTP yang menjadi gudang data di internet. Namun , data tersebut tersedia hanya untuk suatu komunitas tertentu: Hanya anggota kelompok cracker pengelola server yang mengetahui lokasinya; akses bagi pengguna umum biasanya tidak tersedia. Alasannya sederhana. Umumnya, bahkan pemilik server pun tidak mengetahui bahwa komputer internetnya digunakan sebagai download atau ‘ warez dump’.

Mencari server FTP

Tidak semua sumber di Internet tersembunyi . Banyak peselancar mengelola server FTP sendiri yang boleh diakses oleh pengguna web biasa. Sebagai contoh, setiap kali sebuah game baru beredar dalam versi demo, server produsen sering crash akibat kebanjiran pengunjung.
Situs web yang terkenal dengan layanan pencari FTP seperti Lycos (http://www.lycos.com/) atau AllTheWeb (http://www.alltheweb.com/) tidak dapat menemukan server yang isinya meragukan, karena tidak selalu ‘legal’. Namun, jika dioperasikan dengan tepat, search-engine ini selalu menunjukkan sebuah server download yang cepat untuk isi yang ‘legal.’
Search-engine untuk FTP berbeda dengan webcrawler. Masukkan sedapat mungkin hanya satu istilah yang tepat. Sebagai contoh,sebuah file dengan nama ‘suse7.1.bin’ tidak akan dapat ditemukan jika anda mencarinya dengan kata kunci ‘Linux AND distribution.’
Untungnya, ada spesialis search-engine FTP yang dapat menunjukkan semua server yang menyediakan download seperti google , misalnya http://www.reliz.ru/ . Cukup masukkan satu istilah atau beberapa kata kunci, lalu klik tombol ‘search.’ Sebagai hasilnya, Reliz.ru akan menampilkan sebuah daftar link yang mengantar browser anda langsung ke file yang dicari.
Search-engine Reliz.ru mempersulit pencarian pada server FTP: per hari seorang pengguna umum hanya boleh mengajukan satu permintaan pencarian ke Reliz.ru. situs ini menyimpan alamat IP anda dan mengijinkan pencarian berikutnya setelah 24 jam, kecuali jika anda bersedia membayar U$$20 (3 bulan) atau U$$35 (6 bulan). Pembatasan tersebut bukan merupakan halangan bagi sambungan Internet dial-up: putuskan saja sejenak koneksi internet anda . Pada dial-up berikutnya provider anda secara otomatis akan memberikan alamat IP baru.
Layanan pencari FTP yang juga bagus antara lain ‘Napalm FTP Indexer’ dengan alamat http://search.ftphost/. Net/indexer/search.htm dan http://www.oth.net/. Layanan lain yang juga patut disarankan adalah search-engine FTP dengan alamat http://www.ftpfind.com/. Kekuatan layanan ini adalah tersedianya pilihan ‘Thematic Search.’ Dengan fasilitas ini,satu permintaan anda sudah dapat membatasi apakah anda mencari software untuk system operasi tertentu atau hanya ingin melihat film, musik, atau gambar. Kategori ini pun masih dapat dibagi lagi berdasarkan tipe file.



Men-download dengan nyaman: program FTP gratis terbaik

Semua website diatas tak ada gunanya bila anda tidak memiliki FTP-client. Anda memang dapat men-download file dengan browser, tetapi kurang nyaman. Program FTP gratis semakin sedikit, tetapi tool WS_FTP LE (http://www.ipswitch.com/) atau SmartFTP (http://www.smartftp.com/) patut anda download. Pilihan lainnya adalah Total Commander (http://www.ghisler.com/). Di bawah windows, program ini berfungsi sebagai pengganti File-Manager yang dapat menakses server FTP.

Download melalui firewall: FTP pasif menghindari masalah

Sebuah setting penting bagi peselancar yang ingin men-download melalui proxy atau firewall adalah aktivasi pilihan ‘passive mode’ atau ‘Passive file Transfers.’ Pada mode pasif ini, FTP-client akan membuka dua hubungan yang diperlukan dengan server (satu untuk mengirim perintah, satu untuk penyaluran data).pada mode aktif, client hanya membuka satu saluran untuk perintah dan menanti server membuka saluran data. Masalahnya, banyak firewall pada PC pribadi yang ‘alergi’ terhadap upaya koneksi dari luar (dalam hal ini dari server FTP) dan memblokirnya tanpa pandang bulu. Karena itu, pengguna fiewall, seperti pengguna Internet di perkantoran, sebaiknya memilih mode pasif.
Dalam Total Commander, setting untuk mengaktifkan mode pasif dapat anda temukan dibawah tab FTP. Disini anda dapat menambahkan server FTP baru pada daftar atau mengubah entri yang sudah ada melalui menu Edit. Dalam jendela ini anda hanya perlu memberi tanda di depan kolom ‘Use Passive Mode fir Transfers.’

Stumble
Delicious
Technorati
Twitter
Facebook

0 Comments:

Post a Comment

Advertising

 

njajal Copyright © 2010 LKart Theme is Designed by Lasantha